Kunjungan Wisatawan Ke Beltim Meningkat 

Rabu, 10 Januari 2018 15:06


(ist)

108jakarta.com - Jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sepanjang 2017 mencapai 250.326 orang atau meningkat sebesar 7,4 persen dibanding pada 2016 sebanyak 232.871 orang.


Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur, Helly Candra dalam siaran pers, Rabu (10/1), mengatakan jumlah kunjungan wisatawan tersebut berdasarkan data yang diperoleh dari agen wisata dan perjalanan juga dari tingkat hunian hotel, destinasi wisata dan kunjungan ke Kantor Disbudpar.


Helly mengklaim setiap tahun jumlah kunjungan wisatawan ke daerah itu terus meningkat karena pemerintah daerah mulai fokus mengembangkan sektor kepariwisataan, terutama membenahi sejumlah objek wisata yang menjadi destinasi.


"Pada 2018 kami akan memfokuskan pengembangan desa wisata dan wisata alam yang ada di daerah ini. Setidaknya ada lima desa yang akan jadi sasaran, Desa Burung Mandi, Desa Buku Limau, Desa Lalang, Desa Lenggang dan Desa Senyubuk," jelasnya.


Ia mengatakan, lima desa tersebut merupakan desa yang mempunyai objek wisata unggulan dan dalam pengembangannya akan melibatkan masyarakat dan aparatur desa untuk menyiapkan home stay dan wisata alam yang ada.


Untuk pengembangan desa wisata khususnya home stay tersebut, kata dia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sudah memberikan bantuan pengembangan berupa selimut, handuk, hordeng serta kelengkapan lainnya. Sementara Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memberikan bantuan untuk perbaikan kamar dan toilet home stay.


"Kita membantu pengembangan fasiltas di lima desa ini, pengembangan, promosi di destinasi atau objeknya. Makanya kita minta juga jika berkunjung ke Open Pit atau objek lainnya nanti di-upload ke media sosial," ujar Helly.


"Pada 2018 ini kami jadikan tahun kebangkitan dunia kepariwisataan Kabupaten Belitung Timur, tentu butuh peran aktif masyarakat misalnya dengan bersikap ramah kepada tamu dan mendukung setiap program kepariwisataan yang dijalankan pemerintah daerah," katanya.


(ayb/int)


Berita Terkait
Swiss-Belhotel Mangga Besar Tanam Hidroponik di Rooftop Hotel
Babakaran Ala Harper Purwakarta  Makan Sepuasnya
Chicken Wing Lezat dari Resto Hooters
Begini Efeknya Pada Otak Jika Terlalu Banyak Makan Makanan Asin
Aplikasi Whatsapp Business Resmi Diluncurkan di Indonesia

Please login for commentKomentar
Ngopikuy
Wow tempat nya bener2 bagus banget tuh, pasti enak banget jika ngabisin liburan di sana
Samuel
ini karena babel punya banyak objek wisata yang menarik dan indah, berharap wisatawan mancanegara dan domestik makin banyak ke babel
ice
udah mulai dikenal tuh berarti wilayah beltim , ini sudah masuk daftar tempat yg bakalan saya kunj sih tahun ini
kiki
jernih baget airny, tp semakin banyak pengunjung mega gk jd jelek nntiny krna pengunjung yg semberono
youcanseeme
airnya jernih sekali ya, kalo untuk dijadiin tmpt foto prawedding, pasti sangat bagus