Miliarder Sebastian Pinera Kembali Pimpin Cile

Selasa, 19 Desember 2017 9:31


(ist)

108Jakarta.com - Sebastian Pinera dari Partai Konservatif menang pemilu presiden (pilpres) Cile dengan hasil suara yang melebihi perkiraan banyak pihak.


Dia berjanji mendorong pertumbuhan ekonomi di negara eksportir tembaga terbesar dunia dan akan menerapkan kebijakan ramah bisnis dibandingkan pendahulunya dari kubu kiri-tengah. 


Komisi pemilu Cile mengumumkan mantan Presiden Pinera meraih 54,58% suara dan lawannya dari sayap kiri-tengah Alejandro Guillier meraih 45,42%.


Awalnya diperkirakan kedua calon terkuat itu akan meraih suara dengan selisih yang tipis. Meski demikian, hasil penghitungan menunjukkan Pinera unggul lebih banyak.


Pinera, 68, pernah memimpin Cile pada 2010 hignga 2014. Dia meraih suara lebih besar dibandingkan calon presiden manapun sejak Cile menerapkan demokrasi pada 1990. Kemenangan Pinera juga berarti kekalahan terbesar yang dialami koalisi kiri-tengah yang telah mendominasi politik Cile sejak berakhirnya kediktatoran Augusto Pinochet.


Pinera atau Guiller tidak menunjukkan minat melakukan perubahan dramatis dari model ekonomi pasar besar yang sejak lama diterapkan Cile. Meski demikian, kemenangan Pinera menegaskan meningkatnya tren dukungan publik pada sayap kanan di Amerika Selatan, terutama setelah bangkitnya para pemimpin konservatif di Peru, Argentina, dan Brasil.


Dia akan dilantik pada 11 Maret. “Meski ada berbagai perbedaan besar, di sana ada poin-poin penting kesepakatan,” kata Pinera ditujukan pada Guillier saat para pendukungnya menyambung kemenangan tersebut di pusat kota Santiago, kemarin.


Di jalanan kawasan kaya Santiago, tempat Pinera meraih sekitar 90% suara, warganya membunyikan terompet untuk menyambut kemenangan.


Saat pidato pengakuan kalah, Guillier mendorong para pendukungnya untuk membela reformasi progresif yang dilakukan Presiden Michelle Bachelet yang segera melepas jabatan.


Pinera mengalahkan Guillier dengan menyoroti kebijakannya yang ekstrem di negara yang terkenal dengan modernisasi. Pinera juga menyebut Guillier seperti sosialis Presiden Venezuela Nicolas Maduro. Guillier memuji agenda kebijakan Bachelet untuk mengurangi kesenjangan dengan membuat pendidikan lebih terjangkau dan merombak perpajakan.


Para investor mendukung proposal ekonomi Pinera senilai USD250 miliar yang dianggap mendukung pertambangan di negara itu. Dia berjanji mendukung dan memberikan pendanaan secara stabil pada perusahaan tambang negara Cile, Codelco. Dia juga berjanji memangkas birokrasi yang selama ini menghalangi berbagai proyek di era pemerintahan Bachelet. 


(CSR.id)

Berita Terkait
Melihat Legenda Sepakbola di Johan Cruijff Arena
Wajah Baru Suzuki Ertiga!
Targetkan 8000 Unit Hingga Akhir Tahun, Glory 580 Siap Jadi Rebutan
All Nippon Airways (ANA) dan HSBC Indonesia Hadirkan “HSBC – ANA Travel Fair
Motor Keluarga Presiden Ada di IIMS 2018?

Please login for commentKomentar
ticia
smoga keadaan ekonomi nya makin stabil dan bisa membantu warga ya dalam meningkatkan taraf hidup yang lebih baik
dheshe
selamat ya sudah terpilih menjadi presiden cile semoga bisa membawa bangsanya menjadi lebih baik
Cobra
itulah pilihan sebagian masyarakat chili, smoga makin bagus programnya
ata
selamat buat sebastian pinera, terpilihnya kembali beliau menjadi presiden cile membuktikan bahwa rakyatnya sangat puas dengan kinerja nya
bengbeng
mungkin kalimat yang kaya semakin kaya pas banget buat orang yang satu ini udah mah miliyarder jadi presiden pula kan mantap banget tuh tapi kayanya ini orang adil juga sih sama rakyat cile engga rakus jadi terpilih lagi
ice
apa jadinya klo yg jadi pemimpin kota itu seorang miliarder yah??
pakaihatidong
pantas lah untuk seorang miliader memimpin negara,karena untuk niat korupsi itu tidak ada di pikirannya.
Haries
Chile punya presiden baru, kita lihat apakah bisa makin maju atau mundur nagar tersebut
justdoit
good2 harus syukur dan baik jadi pemimpin
SAVAGE
kalo masih di percayakan jangan sampai di sia-siakan lah dan selama masih memegang teguh kepercayaan rakyat chille
12