Ilmuwan: Merokok Bisa Tingkatkan Risiko Alzheimer

Selasa, 14 November 2017 15:05


(ist)

108Jakarta.com - Peneliti kembali menemukan risiko yang disebabkan kebiasaan merokok. Hasil penelitian terbaru dari Amerika Serikat mengungkap merokok bisa meningkatkan risiko alzheimer.


Dilansir WebMD, peneliti dari New York University ini melibatkan 208 responden dewasa dengan rentang usia 55 hingga 90 tahun. Hasil penelitian menunjukkan merokok karena sleep apnea memicu penumpukan amyloid atau racun pada otak yang dikaitkan dengan munculnya alzheimer.


Sebanyak 36% responden diketahui mengalami sleep apnea ringan dan sisanya 16,8% responden sudah menunjukkan gejala sleep apnea berat. Berdasarkan hasil pemindaian otak menunjukkan, semakin berat merokok dan penyakit sleep apnea yang diderita, semakin banyak kandungan amyloid pada otak.


Salah satu peneliti, dr Ricardo Osorio mengatakan amyloid muncul karena kualitas tidur yang buruk. Merokok pada pasien sleep apnea membuat suplai oksigen ke otak terhambatan dan mengurangi kualitas tidur. Namun, risiko alzheimer bisa ditekan dengan menggunakan alat CPAP (continuous positive airway pressure). Produksi dan suplai oksigen yang baik ke otak terbukti mampu mengurangi jumlah kandungan amyloid.


"Karena itu saat ini kami menganjurkan agar para lansia yang mengalami sleep apnea untuk direkomendasikan melakukan skrining alzheimer sebelum terlambat. Terapi CPAP bagi pasien sleep apnea tidak hanya mencegah risiko komplikasi fatal seperti penyakit jantung, namun juga penurunan otak seperti alzheimer," kata Osorio.


Seperti dietahui, alzheimer merupakan kelainan yang ditandai dengan penurunan daya ingat, penurunan kemampuan berpikir dan berbicara, serta perubahan perilaku pada penderita akibat gangguan di dalam otak yang sifatnya progresif atau perlahan-lahan.


(CSR.id)

Berita Terkait
Memahami The Lowry Manchester
Malindo Air Terbang Langsung Ke Nanning, Tiongkok
Keajaiban Santiago Compostela
Jalan-jalan Di kota Pulau Vancouver
Sudut-Sudut Eksotik Bratislava

Please login for commentKomentar
Yasmin
DangdutQQ sendiri belakangan ini sedang menjadi favorit di kalangan dunia internet, dari mulai media sosial di facebook,twitter dan forum DANGDUTQQ adalah Situs DominoQQ Online Terpercaya Eksklusif dengan minimal deposit sebesar 10 ribu Rupiah. Kamu dapat mengakses Game Poker Online Terbaik seperti : BandarQ, DominoQQ,Domino 99, AduQQ, Capsun, Bandar Poker, dan Sakong hanya dengan satu akun saja. Mudah menang Ayoo goyang Jackpot nya Anda Menang Kami Senang Join di: https://goo.gl/Amtoud Min Deposit Rp 10.000,- Min Withdraw Rp 25.000,- Withdraw tanpa batas di setiap hari Cashback mingguan 0,3% - 0,5% bonus referral sebesar 20% SEUMUR HIDUP!!! Untuk pendaftaran bisa melalui link berikut : https://goo.gl/rQvvB8 jika ada kendala dalam pendaftaran atau kendala lainnya ,Langsung hubungi CS kami Kepuasan dan Kenyamanan Anda adalah Prioritas kami. Kami menyediakan 6 Jenis untuk memudahkan transaksi Bank yaitu : BCA, Mandiri, BNI, BRI, CIMB Niaga & Danamon Kami hadir untuk anda dengan mengutamakan kepercayaan, kejujuran dan juga kepuasan member, jadi anda jangan ragu untuk segera bergabung menjadi member kami. Ajaklah teman anda untuk bergabung bersama komunitas situs judi online di www.DangdutQQ.com yang terbaik dan terpercaya dengan uang asli dengan klik link di bawah ini https://goo.gl/Amtoud Untuk informasi lebih lanjut, bisa menghubungi customer kami 24 Jam nonstop : - Livechat - BBM : D8CAE752 - Wechat : dangdutqq - Line : dangdutqq - Whatsapp : +85569967665 - Instagram : Dangdutratu - Twitter : @dangdutqiuqiu - Facebook : @dangdutqiuqiu
DongkrakXenia
Uang buat beli rokok mending ditabung aja deh, lumayan kan buat modal nikah bagi yg belum menikah
novel
bahaya banget emang efeknya ini rokok karna ada kandungannya yg bikin rusak tubuh
Kokomkomariah
tuh bahaya banget kalau merokok jadi yang sudah merokok harus berhenti dari sekarang...
hendra
memang kalau merokok itu tidak baik bagi kesehatan, jadi terserah dia yg mau merokok atau tidak merokok karena itu hanya haknya dia, dan bukan kita
StelKendo
Memang merokok itu tidak baik untuk kesehatan, tapi ngapain juga di ributkan terserah dia mau rokok apa ngga karena itu haknya dia.
AhbiiJakaPoleng
Pantas saja kalau orang perokok kebanyakan sering pelupa . Tapi ngga semua juga sihh adalah yang ngga
ticia
intinya pokoknya merokok itu bisa membahayakan kesehatan, bukan hanya alzheimer saja
Renny
perhatian nih untuk para lelaki mendingan buru2 distop deh -r-
CaffeLatte
kan udah sering banget ada seminar tentang bahaya merokok, namanya juga orang indonesia mereka terlalu bodoh untuk berpikir
12