Ilmuwan: Merokok Bisa Tingkatkan Risiko Alzheimer

Selasa, 14 November 2017 15:05


(ist)

108Jakarta.com - Peneliti kembali menemukan risiko yang disebabkan kebiasaan merokok. Hasil penelitian terbaru dari Amerika Serikat mengungkap merokok bisa meningkatkan risiko alzheimer.


Dilansir WebMD, peneliti dari New York University ini melibatkan 208 responden dewasa dengan rentang usia 55 hingga 90 tahun. Hasil penelitian menunjukkan merokok karena sleep apnea memicu penumpukan amyloid atau racun pada otak yang dikaitkan dengan munculnya alzheimer.


Sebanyak 36% responden diketahui mengalami sleep apnea ringan dan sisanya 16,8% responden sudah menunjukkan gejala sleep apnea berat. Berdasarkan hasil pemindaian otak menunjukkan, semakin berat merokok dan penyakit sleep apnea yang diderita, semakin banyak kandungan amyloid pada otak.


Salah satu peneliti, dr Ricardo Osorio mengatakan amyloid muncul karena kualitas tidur yang buruk. Merokok pada pasien sleep apnea membuat suplai oksigen ke otak terhambatan dan mengurangi kualitas tidur. Namun, risiko alzheimer bisa ditekan dengan menggunakan alat CPAP (continuous positive airway pressure). Produksi dan suplai oksigen yang baik ke otak terbukti mampu mengurangi jumlah kandungan amyloid.


"Karena itu saat ini kami menganjurkan agar para lansia yang mengalami sleep apnea untuk direkomendasikan melakukan skrining alzheimer sebelum terlambat. Terapi CPAP bagi pasien sleep apnea tidak hanya mencegah risiko komplikasi fatal seperti penyakit jantung, namun juga penurunan otak seperti alzheimer," kata Osorio.


Seperti dietahui, alzheimer merupakan kelainan yang ditandai dengan penurunan daya ingat, penurunan kemampuan berpikir dan berbicara, serta perubahan perilaku pada penderita akibat gangguan di dalam otak yang sifatnya progresif atau perlahan-lahan.


(CSR.id)

Berita Terkait
Bumbu Kasih  untuk Keluarga Terkasih
Malam Tahun Baru Bersama Afgan di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City
Anak Cerdas Indonesia
Tagar #SaveTiangListrik Jadi Trending Topic di Twitter
Mahasiswa ITK Berhasil Ciptakan Mobil Listrik Enggang Evo 1

Please login for commentKomentar
ester
perhatiin tuh buat yang suka merokok. penyakit Alzeimer sedang mengintai anda
ticia
intinya pokoknya merokok itu bisa membahayakan kesehatan, bukan hanya alzheimer saja
Renny
perhatian nih untuk para lelaki mendingan buru2 distop deh -r-
CaffeLatte
kan udah sering banget ada seminar tentang bahaya merokok, namanya juga orang indonesia mereka terlalu bodoh untuk berpikir
UmanG
memang banyakyg suka merokok dan bukan hanya orang tua dan orang dewasa anak kecil pun banyak yg suka merokok, padahal sudah ada peringatan rokok membunuhmu tapi tetap saja masih banyak yg suka merokok
Ibnu
Uang buat beli rokok mending ditabung aja deh, lumayan kan buat modal nikah bagi yang belum menikah :D
ice
tapi bukannya yg kena alzheimer kebanyakan wanita ya, bner ga sih??
Haries
Merokok jelas tidak baik, sebaiknya tinggalkan merokok karena jelas tidak ada manfaatnya
akhsin
buat perokok lebih baik berhenti merokok karna merokok tidak baik buat kesehatan
ferry
merokok memang banyak akibat buruknya sebaiknya hindari rokok
12