Haruskah Tekanan Ban Dikurangi saat Musim Hujan?

Rabu, 15 November 2017 11:31


(ist)

108jakarta.com - Saat berkendara di musim hujan, banyak yang mengatakan agar tekanan udara di dalam ban harus dikurangi dari aturan yang telah ditetapkan pabrikan.


Menanggapi hal tersebut, Chief Instructor Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu angkat bicara. Dia tak menampik, tekanan angin di lintasan basah dan kering memang berbeda.


“Hanya saja (musim hujan) kalau dikurangin, tapi tidak signifikan (jumlah banyak). Terutama kalau mobil dalam kota yang kita pakai. Itu kurangnya 1-2 psi (pounds per square inch),” ungkap Jusri, Selasa (14/11).


Jusri beralasan, pengurangan tekanan angin kerap dilakukan agar kendaraan mampu memberikan traksi lebih saat musim hujan. Lintasan basah, lanjut dia, dapat membuat traksi roda ke permukaan (jalan) berkurang.


Lebih lanjut Jusri menuturkan, jika berkendara di musim hujan, tentu hal itu akan membuat permukaan jalan tetap dingin. Alhasil, saat terjadi gesekan antara roda dan permukaan jalan, maka tidak menimbulkan suhu panas seperti saat melintasi jalanan di musim kemarau.


"Jadi misalnya tekanan angin dari 30 psi turun 28 tsi  itu no problem. Tapi kalau dia 30 psi tekanan dari pabrik, lalu dipakai 20 itu baru problem," ucapnya.


Oleh karena itu, kondisi ban tetap harus dilakukan pengecekan secara berkala. Sebab, tekanan ban telah dianjurkan pabrikan otomotif. Tekanan ban kendaraan yang tepat bisa dilihat dari buku manual maupun tertera di sisi dalam pintu mobil berdekatan dengan sopir.


Nah, jika tekanan angin sengaja dikurangi atau ditambah dengan jumlah sangat banyak jauh dari standar pabrikan, tentunya hal itu akan mengurangi traksi dan sangat berbahaya.


(ayb/int)


Berita Terkait
Menyewa Sepeda di Amsterdam
Deretan Sepeda Motor Honda Mejeng di Ajang IIMS 2018 
Serunya Bermain Bola Gelinding di Rotorua
Eksotisme Pantai Merah Panjin di Tiongkok
Suka Begadang? Ini Dia Wisata Khusus Malam Hari di Singapura

Please login for commentKomentar
DongkrakXenia
yg pasti semua kondisi mobil harus di cek dlm kondisi apapun bukan hanya pada saat hujan aja
novel
bener tuh agar ada daya cengkeramnya juga tp percuma juga kalo ban nya botak bisa nambah bahaya nanti
Juragan
kaga pperlu kalo menurut saya, sudah banyak yang bisa antisipasi semua ban ban sekarang
hendra
memang harus di tekankan dan kurangin, kalau di jalan sangat licin, agar tak terpeleset ,
StelKendo
Memang tekanan ban sangat berpengaruh sekali di jalanan yang licin, maka itu bagi yang punya kendaraan mobil sebaiknya mengurangi tekanan bannya agar traksi ban dengan aspal tidak berkurang.
runi
kalau ane sih mending tanya sama yang tukang bengkel nya aja, kalau tekanan ban nya masih normal ya udah gak usah di utak atik
Haries
Sebaiknya ikuti aturan petunjuk dari buku yang sudah di sediakan
ticia
lebih baik di kurangi hanya sedikit saja, jangan samakan dengan jalanan kering, akan lebih aman mengikuti instruksi
priyadi
sebaiknya sih kalau mau berkendara harus mengecek semua kondisi mobil,agar tidak terjadi kejadian yang tidak kita inginkan,
Ibnu
Memang seharusnya sebelum berkendara harus di cek terlebih dahulu agar selamat dan tidak ada masalah dalam perjalanan
12