BEC 2017 Sukses Angkat Tradisi dan Budaya Banyuwangi

Selasa, 14 November 2017 11:43


(ist)

108jakarta.com - Parade busana kolosal, Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) berlangsung meriah, Sabtu (11/10) lalu. 


Disaksikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani dan Menteri Pariwisata Arief Yahya, ratusan peserta membuktikan bahwa budaya dan potensi lokal bisa diangkat menjadi sebuah seni kreatif moderen.


”Yang membuat berbeda adalah, BEC ini semua dikelola dan dibuat oleh masyarakat Banyuwangi. Dari Sanggar, pemusik, penari hingga panitia pelaksana semua dari masyarakat Banyuwangi. Itu perbedaan Karnaval BEC dengan yang lain, kami sangat bangga dengan acara ini,”ujar Bupati Banyuwangi Azwar Anas.


Masyarakat Banyuwangi juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pariwisata yang terus ikut mendukung berbagai festival yang saat ini sangat konsisten dilaksanakan di Banyuwangi.


”Terima kasih kepada bapak Menteri Pariwisata Arief Yahya atas keperduliannya, perhatiaannya. Sebelum jadi Menteri bahkan saat menjadi Direktur Telkom, bapak Menteri sangat perduli dan terus mendukung Banyuwangi,” kata Bupati Anas.


BEC menghadirkan 160 busana adikarya desainer lokal yang pada tahun ini mengangkat tema Majestic Ijen, yang terinspirasi dari keindahan Gunung Ijen Banyuwangi. 


Pesona Ijen yang berupa blue fire atau api biru, belerang dan landscape yang mengelilinginya dituangkan dalam kanvas busana yang  megah oleh para desainer lokal.


“Penyelenggaraan Banyuwangi Ethno Carnival yang mengangkat kebudayaan lokal membuktikan jika BEC menjadi sebuah etalase seni yang patut diapresiasi,” kata Puan.


Sejak penyelenggaraannya yang pertama BEC konsisten untuk mengangkat kearifan lokal baik tradisi maupun budaya sebagai temanya.


Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Esthy Reko Aastuti mengatakan, BEC merupakan satu dari 72 even Banyuwangi Festival yang digelar oleh Banyuwangi sepanjang tahun ini. Selain sebagai atraksi wisata, BEC juga menjadi sarana mendorong gotong royong dan partisipasi masyarakat bersama-sama pemerintah dalam membangun Banyuwangi.


Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya juga ikut bangga dengan acara ini. Kata Menpar dengan digelarnya BEC, maka semakin membuktikan bahwa Banyuwangi sebagai kota festival yang sukses. (suh)


Berita Terkait
Istana Kuning Kotawaringin Barat
Sampah Kemasan Makanan Polistirena Paling Berharga Nilai Ekonomisnya
Waspada, Benda di Kantor yang Kerap Kita Pakai Ini Ternyata Sarang Kuman Lho
Menakjubkan! Ternyata Ini Manfaat Biji Labu Kuning Bagi Kesehatan
Sandy Tumiwa Yakin Akan Mendapatkan Hak Asuh Anaknya

Please login for commentKomentar
alya
keragaman budaya memang harus terus dilestarikan dengan baik agar banyak yang mengenal
pakaihatidong
ini sih sudah jelas bahwa untuk acara ini menjadikan pariwisata di banyuwangi makin di kenal banyak orang khususnya parawisata.
bengbeng
banyuwangi sekarang ini tengah di jadikan sebagai salah daeah promosi wisata selanjutnya setelah bali dan labuan bajo kekayaan budaya kota banyuwangi memang sanagt banyak dan menarik untuk di kunjungi
runi
pakaian tradisionalny itu eksentrik banget, pastinya sangat menarik dan sangat menghibur para wisatawan
Haries
Kegiatan semacam ini pastinya akan sangat menarik banget, pasalnya tradisi dan budaya lingkungan pastinya akan terangkat dan mulai dikenal banyak orang
12