Makanan Sehat Pereda Kram Saat Menstruasi

jumat, 13 Oktober 2017 14:56


(ist)

108Jakarta.com - Saat menstruasi, sebagian kaum hawa mengeluhkan kram di perutnya. Biasanya gejala ini muncul saat hari pertama periode menstruasi. 


Rasa sakit ini bisa saja tak tertahankan, dan mengganggu aktivitasnya sehari-hari. Bahkan sebagian perusahaan memberikan hak cuti bagi karyawan perempuan yang mengalami keluhan saat menstruasi. 


Periode menstruasi sendiri berbeda-beda pada setiap perempuan. Namun biasanya periode ini berlangsung selama empat hingga lima hari.


Berbagai keluhan yang muncul saat menstruasi biasanya dipengaruhi perubahan hormonal di tubuh yang menyebabkan radang di bagian dinding rahim sehingga memicu ketidaknyamanan di bagian perut bawah. 


Ada beberapa obat-obatan pereda nyeri yang bisa digunakan untuk mengurangi keluhan kram di bagian perut. Namun, biasanya karena berasal dari bahan kimia, obat-obatan ini memiliki efek samping bagi tubuh. Nah lebih baik Anda mengonsumsi ramuan alami seperti jus bayam yang bisa menurunkan keluhan kram perut. 


Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat jus bayam pun mudah didapat seperti bayam dan madu. Bayam kaya kandungan zat besi dan vitamin C yang keduanya dapat menyeimbangkan hormon dalam tubuh sehingga mengurangi rasa kram saat haid hari pertama. 


Madu kaya antioksidan yang dapat melawan peradangan sehingga radang di sekitar rahim bisa teratasi dan mengurangi rasa kram di bagian perut. Cara membuat jus bayam ini pun sangat mudah. Pertama, rebus daun bayam hingga lunak. Lalu tiriskan dan campurkan dengan madu. Aduk kedua bahan ini hingga lunak dan siap dikonsumsi. 


Namun, Anda harus ingat jika kram yang dirasakan sangat hebat dan pendarahannya tidak normal, maka Anda harus mengonsultasikannya ke dokter. Dikhawatirkan kram perut yang begitu hebat merujuk pada kondisi lain yang Anda derita.


(CSR.id)

Berita Terkait
Kehangatan  Natal dan Tahun Baru 2018 di Swiss-Belinn Kemayoran
Kawan, Biasakan Jalan Kaki Singkat Setelah Makan
Inilah Arti Dibalik Sticker Kode Pada Buah-buahan
Jangan Lakukan Ini dengan Rambut Anda Saat Tidur
Festival Anak Muda #Kitaindonesia

Please login for commentKomentar
bengbeng
agak sedikit aneh sih yah kedengaranya madu di campur sama sayur bayem terus di bikin jus tapi kalau manfaatnya bener2 bagus buat haid engga ada salahnya juga wanita nyoba bikin
Kokomkomariah
apa rasanya ya sayur yang satu ini di jus, biasanya tuh dimasak jadi syur bayem, apa sama ya hasilnya kalo di olah dalam masakan, apa bisa juga nanggulangin keram
Arif
Makanan nya semua sehat sehat,bermanfaat semua untuk tubuh
ticia
bahan ini bisa digunakan bagi wanita yang sering sakit pada saat menstruasi, alami lagi, tidak membahayakan
hendra
ide yg bagus makanan2 sehat ini, mungkin perlu di coba kepada wanita yg mengalami menstruasi untuk merendahkan rasa sakitnya,
KaroKalemCuy
Saran yang bagus dan harus di coba buat para wanita yang baru memasuki awal masa menstruasi, supaya bisa meredakan rasa nyeri pada perut saat menstruasi.
Haries
Buat kaum cewek boleh di coba ini, karena ini bagus buat mengatasi kram pada perut saat haid
Marsim
bagi waita cara ini bisa di xoba siapa tau cocok dan bagus manfaatnya
Ngopikuy
Nih bagi wanita yang suka mengalami kram saat menstruasi perlu banyakin makan bayam, agar karamnya dapat segera diatasi
Samuel
mendingan jangan terlalu sering makan obat karena mengandung bahan kimia, lebih baik minum ramuan bahan alami saja
12