Lezatnya Cakalang Fufu Khas Manado

jumat, 13 Oktober 2017 10:32


(ist)

108jakarta.com - Pecinta makanan pedas cobalah makanan yang satu ini, makanan ini bernama cakalang fufu. Makanan yang merupakan khas Kota Manado ini terbuat dari ikan cakalang yang mengalami proses pengasapan. Proses pengasapan di Manado disebut fufu, kata fufu inilah yang menjadikan makananan ini terkenal dengan sebutan cakalang fufu.


Banyaknya pasokan ikan membuat warga di daerah pesisir mengawetkan ikan tersebut. Sebelum diasap, terlebih dahulu ikan dibersihkan dan dibuang sisiknya. Kemudian dibelah menjadi dua dan dilumuri bumbu. Proses pengasapan ini sendiri memakan waktu 4 jam. Harga per ikan bervariasi tergantung dari besarnya, biasanya berkisar antara 35.000 sampai 65.000 Rupiah.


Jika diproses secara tepat cakalang fufu dapat tahan disimpan dalam suhu ruang selama satu bulan, dengan demikian makanan ini dapat didistribusikan ke seluruh Indonesia sebagai pangan hidangan laut olahan. Meskipun hidangan ini terkenal di seantero Indonesia Timur, lokasi produksi utamanya adalah kota pelabuhan nelayan Bitung, Sulawesi Utara. Disana anda dapat menjumpai banyak ikan cakalang.


Cakalang fufu dapat dikonsumsi dengan cara dipanaskan dan digoreng sebentar dalam minyak panas dan langsung dimakan dengan nasi dan dabu-dabu (sambal Minahasa), atau menjadi bahan untuk memasak hidangan lainnya. Suwiran daging cakalang fufu dapat ditambahkan dalam berbagai hidangan seperti selada kentang, mie cakalang, atau dimasak rica-rica dengan cabai.


(ayb/int)


Berita Terkait
Kehangatan  Natal dan Tahun Baru 2018 di Swiss-Belinn Kemayoran
Kawan, Biasakan Jalan Kaki Singkat Setelah Makan
Inilah Arti Dibalik Sticker Kode Pada Buah-buahan
Jangan Lakukan Ini dengan Rambut Anda Saat Tidur
Festival Anak Muda #Kitaindonesia

Please login for commentKomentar
bengbeng
ikan ini juga wajib di bawa sebagai oleh2 khas manado jika berkunjung kesana,karena ikan cakalng kering bisa bertahan sampai 1 bulan lamanya dan bisa di olah menjadi maskan kering atau basah
Arif
Itu memang makanan khas sulawesi utara,memang enak makanan itu
ticia
manado memang terkenal dengan yang namanya cakalang, harus di coba ikan ini kalau berkunjunga kesana
KaroKalemCuy
Memang kalau bicara tentang makanan khas Nusantara tidak akan ada habisnya karena rasanya yang lezat dan cara membuatnya juga tradisonal yang menyebabkan citra rasa makananpun bertambah.
hendra
baru denger dengan makanan cakalang ini khas asal manado, kalo kita coba pasti sangat lezat,
Haries
Belum pernah makan ikan cakalang sih, jadi penasaran dengan makan makanan ini, pengen tahu rasanya seperti apa
ice
pernah di ceritain doang sih sama temen , katanya rasanya enak ikan ini , tp ga tau juga deh bener atau ga nya, soalnya belum pernah makan juga sih
sumaryani
belum pernah makan ikan cakalang sih , tapi kelihatannya enak untuk di jadikan berbagai masakan
Samuel
lihat proses pengasapannya sudah bikin ngiler, tapi memang kebanyakan masakan manado itu seafood
YankeeOH
memang patut dicoba tuh ikan asap cakalang khass manado, pasti enak tuh dicocol ama sambal trasi
12