Wow, Mahasiswa Lampung Buat Cendol dari Ikan Lele

Kamis, 14 September 2017 14:49


(ist)

108jakarta.com - Ikan lele dibuat menjadi cendol? Hmm... Seperti apa ya rasanya? Ternyata, ikan lele yang mudah ditemukan di berbagai tempat saat ini, menggugah seorang mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Lampung, Muhammad Rohman untuk membuat inovasi produk baru.


Ikan lele yang kerap ditemukan dalam berbagai olahan lauk, di tangan Rohman, diubahnya menjadi cendol. Kepiawaiannya meracik ikan lele menjadi berbagai produk olahan termasuk cendol lele ini, megantarkannya menjadi kandidat ajang pemilihan pemuda pelopor tingkat nasional 2017.


Lalu bagaimana rasanya? Rektor UNU Dr Nasir, salah satu orang yang telah mencoba langsung cendol lele itu. Menurutnya, cendol lele tersebut adalah makanan yang unik karena kandungan gizinya lebih banyak dibandingkan dengan cendol yang di jual pada umumnya. "Saya sudah mencobanya, rasanya enak dan tidak amis," ujarnya. 


Rohman mengemukakan cendol lele buatannya terbuat dari bahan baku ikan lele, beras, dan sagu. Menurut dia, ide pembuatan cendol lele itu muncul karena ingin masyarakat menyukai makan ikan lele lewat cendol lele itu. "Karena ada sebagian orang tidak suka makan lele karena baunya amis, padahal gizi dan proteinnya banyak," ujarnya.


Proses pembuatan cendol lele, Rohman menerangkan sangat mudah. Caranya, ikan lele yang telah dibersihkan terlebih dahulu dikukus selama 15 menit. Dagingnya dipisahkan dari duri dan kulit. Selanjutnya, daging lele dicampur daun pandan sebagai penghilang bau amis serta dicampur tepung beras dan sagu.


Langkah berikutnya, adonan tadi dimasak sampai matang. Setelah mengental, adonan dimasukkan ke pencetakan khusus cendol sehingga menjadi butir-butir cendol. Untuk penyajiannya, sama dengan cendol lainnya, yakni disajikan dengan santan dan gula merah. 


M Rohman selama ini menjual cendol lelenya secara berkeliling dengan sepeda motornya. Cendol lele buatannya itu disukai banyak orang. Hasil penjualan cendol lele M Rohman digunakan untuk membiayai kuliahnya.


Selain membuat cendol lele, Rohman ternyata juga membuat kopi lele dan getuk lele. "Kopi lele dibuat dari kopi Lampung, bahannya kopi dan ikan lele. Proses pembuatannya sangat mudah. Ikan lele dioven sampai kering kemudian ikan lele yang sudah kering diblender lalu disangrai bersama kopi. Perbandingannya 50:50, tapi hasilnya tidak bau amis," ujar dia pula.


(ayb/int)


Berita Terkait
Bumbu Kasih  untuk Keluarga Terkasih
Malam Tahun Baru Bersama Afgan di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City
Anak Cerdas Indonesia
Tagar #SaveTiangListrik Jadi Trending Topic di Twitter
Mahasiswa ITK Berhasil Ciptakan Mobil Listrik Enggang Evo 1

Please login for commentKomentar
pakaihatidong
memang dasar mahasiswa ya,apapun untuk menjadi penelitiannya amatlah beda dari yang lain dengan cendol bahan nya ikan lele.
lily
masa ikan lele bisa dibuat cendol jadi penasaran rasanya seperti apa ya?
ticia
Rasanya enak gak ya itu ikan lele di buat cendol. Rasa amisnya apakah masih ada atau memang nikmat untuk di santap
mama
Dengan kreativitas ternyata makanan yang bertolak belakang bisa disatukan , manis dan gurih bisa juga jadi penganan yang enak dan unik
bengbeng
Ngebayangin nya aja udah aneh apalagi rasanya yah daging ikan lele di bikin cendol terbayang bau amis daging ikan lele bertabur dengan susu ah sudahlah aneh pokoknya
Samuel
tetap saja pasti aneh tekturnya, mendingan dari tepung biasa saja , kalau dari lele mendingan makan lele yang versi gurihnya kayak lele goreng atau lele bakar
Renny
gw sih suka lele semenjak kehamilan pertama ngidam pengen makan lele sebelumnya ga suka tp kesininya makin suka makan lele. tapi kalo cendol dr lele mungkin perlu dicobain.
Ngopikuy
Wow penemuan yang luar biasa ni, semoga saja bisa menjadi makanan yang digemari oleh masyarakat ya
AhbiiJakaPoleng
Bingung bayangin rasa nya . apa kaga amis gitu ? tapi unik sih
novel
Yg di goreng aja gw kaga suka apalagi di bingkin cendol gitu...bisa mual kali gw karna baunya
12