Pakar Sarankan Tak Perlu Gunakan Bedak Bayi di Lipatan Kulit

Kamis, 14 September 2017 9:02


(ist)

108Jakarta.com - Penggunaan bedak bayi sampai saat ini masih menimbulkan kebimbangan terutama di kalangan para orang tua. Sebagian berpendapat tidak masalah menggunakan bedak tabur kepada bayi. Namun sebagian lainnya memilih untuk tak menggunakan bedak sama sekali untuk bayi-bayinya.


Dokter spesialis anak asal Perancis, Jerome Valleteau de Moulliac, mencoba meluruskan persepsi para orang tua. Ditemui dalam sebuah acara di Jakarta, Rabu (13/9), Moulliac mengatakan sebaiknya bedak jangan ditaburkan pada lipatan-lipatan di kulit bayi. Seperti pada lipatan pantat atau paha.


"Bedak akan terakumulasi di daerah lipatan sehingga jika bayi berkeringat maka bisa menyebabkan infeksi pada kulit mereka yang masih sensitif," ujar pria yang sudah 44 tahun berpengalaman sebagai dokter anak ini.


Menurutnya bedak hanya boleh ditaburkan pada tubuh bayi yang tidak memiliki lipatan. "Tidak ada aturan tertulis yang melarang tapi kami, dokter-dokter anak di Eropa, sepakat bahwa itu tidak boleh dilakukan," imbuhnya.


Pada saat kulit bayi basah, biasanya orang tua juga tergiur untuk menaburkan bedak agar kulitnya cepat kering dan berbau harum. Moulliac juga tidak menganjurkan metode ini. Lebih baik bedak bayi ditaburkan jika kulit anak sudah benar-benar kering.


Moulliac juga menyoroti berbagai macam penyakit kulit dan iritasi yang umum diderita bayi. Ia mengatakan untuk bayi yang tinggal di negara tropis dengan panas matahari menyengat seperti Indonesia sebaiknya jangan terlalu sering terpapar sinar matahari. "Sebelum anak berusia dua tahun saya sarankan jangan terlalu lama berada di bawah sinar matahari karena lapisan kulitnya masih tipis," ungkap Moulliac.


(CSR.id)

Berita Terkait
Bumbu Kasih  untuk Keluarga Terkasih
Malam Tahun Baru Bersama Afgan di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City
Anak Cerdas Indonesia
Tagar #SaveTiangListrik Jadi Trending Topic di Twitter
Mahasiswa ITK Berhasil Ciptakan Mobil Listrik Enggang Evo 1

Please login for commentKomentar
Mendiangromo
Jadi ngga boleh di pakai di lipatan kulit yahh , tapi ko di wajah di pakai bedak bayi ngga papa yah . Banyak tuh anak sekolah menengah pakai bedak nya bedak bayi
pakaihatidong
oohhh,ternyata untuk bedak tidak baik juga untuk kulit yang beriritasi di lipatan tubuh.
lily
kalau gitu mendingan dilap aja agar tidak infeksi
ticia
Hal ini harus di mengerti oleh orang jaman sekarang, bedak itu bisa mengakibatkan yang tidak baik juga buat kulit bayi, khususnya di lipatan
mama
waktu anak gw bayi juga disarankan pakai cream aja dilipatan , jangan pakai bedak tabur bisa iritasi , sebab butiran powder bedak itu kegesek dilipatan bisa bikin lecet dan kulit jadi memerah . alhamdulillah kalau ikutin sesuai ilmunya ternyata memang benar begitu adanya
bengbeng
Tapi faktanya masih ada sebagian orang yang memakai bedak bayi pada lipatan kulitnya dengan alasan kulit mereka sensitif dan gampang lecet kalau terkena biang keringat
JakAPolenG
kita harus benar" memilih bedak yg bagus buat anak" kita agar tidak terjadi hal" yg tidak di ingin kan seperti iritasi
KaroKalemCuy
Karena bedak kalau tercampur keringat itu membuat si bayi terluka dan iritasi. Maka harus hati hati dalam memilih bedak yang tentunya tidak membuat iritasi pada kulit bayi.
TuhKanTuhKan
memang sih setiap bayi memiliki kulit yang sangat sensitif banget jadi harus cari bedak yang cocok dengan kulit si bayi tersebut
kliwon
kalau malah membahayakan buat kulit bayi sebaiknya buang jauh jauh lah kebiasaan tdak sehat tersebut
12