Mengenal Singa si Raja Hutan

Kamis, 14 September 2017 9:59


(ist)

108Jakarta.com - Satu atau dua abad lalu, Charles Darwin, seorang ahli biologi mendalilkan bahwa singa memiliki surai atau rambut tebal di sekitar leher dan kepala mereka untuk melindungi area wajah yang rawan saat berkelahi dengan singa lain. Seiring berjalannya waktu, ahli biologi dari masa ke masa terus mengamati perilaku singa dari jarak teraman.


Ahli mendapati bahwa ketika singa berkelahi satu sama lain, mereka jarang saling menyerang area surai. Singa-singa ini sebaliknya lebih sering menyerang bagian belakang tubuh, seperti membidik punggung dan bagian panggul atau ekor.


Jadi, jika surai tidak dirancang untuk proteksi singa, lalu apa fungsinya? Dilansir dari Mental Floss, tubuh singa mengundang banyak parasit dan penyakit di sekitarnya. Singa jantan yang berperan sebagai pemimpin kelompok betina perlu berumur panjang untuk memastikan kelangsungan keluarganya.


Surai juga jenggot pada manusia umumnya menjadi satu kebanggaan dan identitas, di samping menangkal berbagai penyakit. Selama berabad-abad, singa betina justru berevolusi tidak lagi memiliki surai. Ini karena dalam kelompok singa betina yang bertugas berburu mangsa.


Tubuh singa yang kuning keemasan, ditambah surai di kepalanya membuat mamalia karnivora ini tampak menonjol saat berburu. Itulah salah satu alasan mengapa singa betina tidak bersurai seperti halnya singa jantan.


(CSR.id)

Berita Terkait
Inilah Penyebab Seseorang Menjadi Gagap Bicara
Instagram Uji Coba Fitur "Follows You"
Perempuan Tergemuk dengan Berat 500 Kg di Dunia Tutup Usia
Luna Maya Jajal Profesi Baru Jadi Penata Busana dalam Film "Mata Batin"
Kenapa Seorang Karyawan Berhenti Bekerja? Ini 5 Penyebabnya

Please login for commentKomentar
NyengirKuda
emang pantes disebut si raja hutan tampangnya aja udah gagah bener tuh singa arr arr krenn.
bengbeng
Oh jadi begitu ya baru tau gw,tapi kasihan juga yah singa yang berburu mencari makan justru singa betina yang jantan tinggal duknis menikmati hasil buruan,engga kaya manusia cowoknya yang berburu cari nafkah buat makan anak istri
Ngopikuy
memang bener difilm juga singa ibaratkan seperti raja hutan jadi tidak ada hewan lain yang menantangnya.
AhbiiJakaPoleng
Yang aku tahu kalau singa udah makan dan kenyang dia bisa lama ngga makan . ya semacam puasa mungkin
JakAPolenG
oh ternyata singa jantan mempunyai surai kalo singa betina tidak mempunyai surai,dan warnanya juga bagus kuning ke emasan
sumaryani
singa memang gagah dan tangguh apalagi yang jantan memiliki surai selain lambang kejantanan bisa juaga mengkal segala penyakit
KaroKalemCuy
Surai singa selain melambangkan kegagahan singa jantan, tapi juga bisa menangkal parasit dan penyakit disekitarnya. Makanya singa jantan mampu bertahan hidup cukup lama dibandingkan singa betina
novel
Kaga nyangka ternyata jenggot dan rambut singa atau surai ada kegunaannya juga buat si singa tersebut selain lambang kejantanan juga sebagai penangkal parasit
UserNameLupa
bagus juga kalo buat jadi peliharaan di rumah pasti seru kali yah
Marsim
ooh ternyata begitu ya,jadi untuk melindungi wajah dan mejadi pempimpin utuk singa yg lain harus punya jengot yg panjang