Lebih Sehat Mana: Air Hangat Atau Air Dingin?

Senin, 17 Juli 2017 14:10


(ist)

108Jakarta.com - Tahukah Anda bahwa untuk mendapatkan manfaat maksimal dari minum air, Anda perlu minum segelas air putih di pagi hari segera setelah bangun tidur?


Air adalah minuman sehat tanpa kalori yang sangat penting untuk berbagai fungsi tubuh. Air juga mengandung mineral penting tertentu dalam berbagai proporsi  sesuai sumber airnya. 


Berikut beberapa alasan utama mengapa Anda perlu minum, juga plus minus air hangat dan air dingin seperti dikutip dari laman Boldsky. 


1. Meringankan rasa sakit
Minum air hangat memiliki kemampuan untuk mengurangi pembengkakan di tenggorokan dan juga membantu dalam memberikan bantuan sementara. Minum air hangat sangat berguna di pagi hari saat Anda terbangun dengan tenggorokan kering dan rasa sakit yang ditimbulkannya saat Anda menelan.


2. Memperbaiki kerja usus
Minum segelas air hangat saat perut kosong adalah cara yang baik merangsang usus besar untuk lebih mudah buang air besar. Selanjutnya, juga membuat tubuh menyerap makanan dengan lebih baik pada siang hari.


3. Meningkatkan Sirkulasi
Minum air hangat meningkatkan aliran darah dalam sistem peredaran darah. Telah terbukti dalam beberapa penelitian bahwa ketika tubuh terkena suhu tinggi, aliran sel darah meningkat secara signifikan. (baca :Pasang Kuteks, Kenapa Harus dari Sebelah Kanan?)


4. Bantu turunkan berat badan
Mengkonsumsi air hangat merupakan cara terbaik untuk membantu proses penurunan berat badan. Minum air hangat meningkatkan penurunan nafsu makan, berat badan, dan indeks massa tubuh.


Mengapa minum air dingin buruk bagi Anda?


A. Mengurangi Hidrasi
Minum air dingin diketahui menyempitkan pembuluh darah dan ini akan menyebabkan pengurangan hidrasi. Tidak cukup minum air putih bisa menimbulkan beberapa masalah.


B. Menghambat pencernaan
Minum air dingin membuat tubuh kesulitan untuk mencerna makanan. Alasannya adalah karena cairan dingin memperkuat lemak dalam aliran darah.


C. Meningkatkan suhu tubuh
Tubuh mengeluarkan lebih banyak energi saat Anda meminum air dingin untuk memanaskan suhu tubuh dan menggunakannya.


D. Merangsang lendir berlebih
Air dingin diketahui merangsang lendir berlebih pada sistem pernafasan. Hal ini menyebabkan pernafasan terhambat dan juga menimbulkan risiko infeksi tenggorokan.


(CSR.id)

Berita Terkait
Atasi Nyeri Punggung Dengan Ramuan dari Bawang Putih ini
Ini Surat Terakhir Chester untuk Chris Cornell Sebelum Bunuh Diri
KIA Sorento 2018 Siap Dipamerkan
Wanita dari 20 Negara Ini Punya Payudara Indah
Malaysia Larang Despacito karena Berkonten Seksual

Please login for commentKomentar
ticia
air hangat memang sangat baik untuk tubuh, jangan terlalu sering minum air dingin, lebih baik biasakan dengan air hangat
AhhGayungToilet
air hangat. tapi tergantung cuaca juga sih aku mah kalo lagi gersang panas yah air dingin nikmat
chacha
minum air hangat bisa menjaga metabolisme tubuh dan dapat membantu untuk menurunkan berat badan.
bengbeng
Menurut gw pribadi sih lebih sehat air hangat yah,air hangat itu banyak manfaat nya bisa melancarkan peredaran darah dan bisa menghangatkan tubuh
alya
minum keduanya memang ada baik buruknya, lebih baik diimbangi saja dalam mengkonsumsinya
pakaihatidong
SUDAH JELASLAH UNTUK KASIAT AIR HANGAT ITU SUDAH PASTI UNTUK KESEHATAN TUBUH YANG DI DAPATNYA BILA MEMINUMNYA.
Haries
Jika bUat saya pribadi, saya lebih pilih air hangat karena sangat bermanfaat banget
ferry
kurang tau juga, tapi kebanyakan orang lebih berpendapat air hangat lebih baik dari air dingin
sumaryani
gw kalau pagi suka minum air hangat biar buang air besarnya lancar
Renny
keduanya sama2 punya manfaatnya, orang yang tidak minum bakalan dehidrasi. jd perbanyak minum deh. -r-
12