Cara Bijaksana Berhenti Merokok

Senin, 17 Juli 2017 15:08


(ist)

108Jakarta.com - Para peneliti telah lama mencari jawaban tentang cara terbaik untuk membantu orang berhenti merokok. Seringkali, hal itu bermuara pada dua pilihan yaitu berhenti merokok dengan benar-benar memutus asupan nikotin dan berhenti secara bertahap.


“Banyak orang berpikir cara yang paling masuk akal untuk berhenti merokok adalah untuk mengurangi jumlah rokok sebelum berhenti. Yang disarankan justru sebaliknya yakni akan lebih baik jika benar-benar memutus asupan nikotin ke dalam tubuh. ," kata Nicola Lindson-Hawley dari Universitas Oxford, yang memimpin sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Annals of Internal Medicine.


Lindson-Hawley dan rekan-rekannya meneliti hampir 700 orang di Inggris yang merokok setidaknya 15 rokok per hari yang berencana untuk berhenti. Mereka semua mengatur tanggal berhenti selama dua minggu. Setengah dari mereka secara acak ditugaskan untuk merokok seperti biasanya sampai mereka berhenti dan kemudian menghentikannya tiba-tiba. Yang lain secara bertahap mengurangi rokok mereka selama dua minggu. Kedua kelompok telah mendapatkan konseling perilaku, tambalan nikotin dan terapi penggantian nikotin.


Cara para peneliti mengukur keberhasilan itu dengan melihat pantang merokok selama empat minggu setelah berhenti saat ini, dan kemudian enam bulan kemudian.


Hasilnya, mereka yang dipaksa berhenti merokok menunjukkan hasil yang lebih baik. Sekitar 25 persen lebih baik daripada kelompok yang berhenti berangsur-angsur. Dan 49 persen dari kelompok tiba-tiba sukses, sementara 39 persen dari kelompok yang bertahap. Menariknya, lebih banyak orang mengatakan mereka suka untuk berhenti secara bertahap daripada tiba-tiba.


“Jika ada orang yang benar-benar merasa mereka tidak bisa berhenti tiba-tiba, dan mereka ingin berhenti bertahap, sebaliknya mereka tidak akan mencoba untuk berhenti, kami masih perlu untuk dukungan mereka untuk melakukan itu.” katanya.


(CSR.id)

Berita Terkait
Atasi Nyeri Punggung Dengan Ramuan dari Bawang Putih ini
Ini Surat Terakhir Chester untuk Chris Cornell Sebelum Bunuh Diri
KIA Sorento 2018 Siap Dipamerkan
Wanita dari 20 Negara Ini Punya Payudara Indah
Malaysia Larang Despacito karena Berkonten Seksual

Please login for commentKomentar
ticia
kalau mau berhenti langsung saja berhenti, jangan di kurangi, setuju banget, bukannya malah berhenti, malah tambah jadi nantinya
AhhGayungToilet
ya elah kalo ga mao ngeroko yaudah sih, biarin aja buat para perokok dia akan merasakan akibatnya nanti ketika sudah di permainkan rokok
chacha
yg berhenti merokok itu hebat, selamat anda memasuki kehidupan yang sehat
bengbeng
Memang sangat tidak mudah menghilangkan ketergantungan itu tapi semua tidak ada yang tidak mungkin semua orang bisa berhasil berhenti meroko jika ada niat dan dukungan dari orang-orang sekitarnya
alya
keinginan berhenti merokok hanya bisa dilakukan saat hatinya sudah mempunyai niatan penuh
pakaihatidong
untuk menginginkan berhenti merokok itu mudah kok,ingat akan sakit aja.bila merokok terus.
Haries
Biasanya berhenti merokok tergantung dari orangnya, jika dalam hati sudah niat ya otomatis pasti akan berhenti total, jika tidak ada keniatan pasti juga susah
ferry
cara yang bagus untuk perokok yang ingin menghentikan kebiasaan merokoknya
sumaryani
biasanya cowok susah banget untuk berhenti merokok kadang di larang tapi masih tetap merokok saja
Renny
gimana caranya kalo udah terbiasa merokok, itu dari dalam dirinya sendiri yang harus berusaha. -r-
12