Awas! Saat Nonton TV Jangan Kebanyakan Duduk Karena Jumlah Sperma Bisa Menurun

Senin, 17 Juli 2017 17:36


(ist)

108Jakarta.com - Kesuburan pria salah satunya ditentukan oleh gaya hidup yang mereka terapkan. Termasuk juga jumlah sperma disebut berkaitan dengan kebiasaan menonton TV para pria.


Baru-baru ini, peneliti di Copenhagen University mempelajari 1.200 pria muda untuk melihat apakah kebiasaan menonton TV berpengaruh pada kesuburan mereka. Ditemukan, pria yang menonton TV lebih dari 5 jam sehari memiliki jumlah sperma yang lebih sedikit daripada pria yang hampir tidak pernah menonton TV.


"Pada pria yang menonton TV lebih dari lima jam sehari, rata-rata jumlah sperma mereka 37 juta per mililiter semen. Jumlahnya lebih rendah daripada pria yang hampir tidak pernah nonton TV dengan jumlah sperma 57 juta per mililiter semen," tulis peneliti dalam laporannya dalam American Journal of Epidemiology, dikutip dari Daily Mail.


Selain itu, ditemukan juga pada pria yang menonton TV lebih dari 5 jam sehari, kadar hormon testosteronnya lebih rendah. Seperti diketahui, hormon testosteron berperan penting dalamn proses produksi sperma. Dalam studi ini, peneliti menemukan pada pria yang menghabiskan waktu duduk di depan komputer, tidak mengalami efek samping serupa ketika mereka menghabiskan lebih banyak waktu di depan TV.


"Kemungkinan ketika mereka terlalu banyak menonton TV, pria cenderung lebih jarang melakukan banyak latihan dan makan sehat, yang menjadi salah satu cara untuk memiliki sperma yang sehat," imbuh peneliti.


Untuk itu, disarankan ketika pria menghabiskan waktunya di depan TV, lakukan pula kegiatan lain yang membuat mereka bergerak. Misalnya melakukan gerakan olahraga sederhana ketika jeda iklan.


Terkait pengaruh kebiasaan duduk terlalu lama dengan kesuburan pria, beberapa waktu lalu, dr Sigit Solichin SpU mengatakan pada dasarnya, ketika pria duduk, maka testis akan tertekan. Akibatnya, testis akan menempel pada tubuh dan suhunya menjadi lebih panas. Padahal, sebagai pabrik sperma, suhu di testis harus optimal di mana lebih rendah dari suhu tubuh.


"Untuk itulah, normalnya testis dalam posisi menggantung karena saat itu suhu testis optimal. Sebaliknya, ketika suhu di testis panas, maka fungsinya untuk memproduksi sperma tidak optimal," kata dr Sigit yang praktik di RS Bunda Jakarta ini.


(CSR.id)

Berita Terkait
Atasi Nyeri Punggung Dengan Ramuan dari Bawang Putih ini
Ini Surat Terakhir Chester untuk Chris Cornell Sebelum Bunuh Diri
KIA Sorento 2018 Siap Dipamerkan
Wanita dari 20 Negara Ini Punya Payudara Indah
Malaysia Larang Despacito karena Berkonten Seksual

Please login for commentKomentar
ticia
bahaya juga tuh bagi yang suka nonton terus, bisa bisa karena sperma menurun istri gak hamil hamil ntar tuh, kedokter deh kalau masalah ginian
AhhGayungToilet
waduh ko berurusan sama sperma, ini hoax kali. yaudah kalo gitu nonton tvnya tiduran jangan duduk
chacha
untungnya aq kalau nonton TV sembari tiduran
bengbeng
Cuma pada saat nonton tv aja nih berlaku engga untuk karyawan perkantoran yang sehari harinya duduk di depan monitor komputer
alya
bahaya banget nih untuk kaum lelaki harus bener-bener diperhatikan
pakaihatidong
terkadang memang untuk duduk yang berlebihan itu tidak baik untuk kesehatan.
dheshe
oooh gitu ya baru tau, jadi para lelaki harus dicermati ya kalau nonton tv jangan kebanyakan duduk ya
kevin
ternyata testis itu harus menggantung ya gue kira gak ngaruh loh
Haries
ada pengaruhnya juga ya, saya rasa pikir tidak ada masalah, mungkin ini bagi mereka yang terlalu lama duduk kali ya
ferry
makanya untuk kaum pria jangan terlalu lama duduk menonton TV karena bisa mengurangi jumlah sel sperma
12