Waspada !!! Minyak Goreng Bekas Berbahaya bagi Kesehatan Anda

jumat, 21 April 2017 16:13


(ist)

108Jakarta.com - Masihkah Anda menggunakan minyak goreng jelantah atau bekas untuk menggoreng makanan? Sebaiknya, hindari hal itu demi kesehatan Anda. Minyak goreng yang dipakai secara berulang justru akan menghasilkan zat yang beracun.


Ciri minyak goreng ini biasanya cukup kotor atau berwarna hitam. Banyak penjual gorengan yang memakai minyak bekas demi alasan ekonomis. Rasa gorengan mungkin sama. Tapi, rusaknya minyak goreng yang dipakai, akan bersifat karsinogen yang dapat melahirkan bibit kanker atau tumor dalam tubuh.


Selain itu, penggunaan minyak lebih dari sekali dapat mengubah struktur lemaknya menjadi lemak trans. Lemak ini yang bakal meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Perlu diketahui, lemak trans yang mengendap selama enam minggu dapat mengurangi kemampuan belajar dan daya ingat secara bersamaan. Karena, ada peradangan akut yang dialami hippocampus, yaitu pusat memperoses kemampuan ingatan di otak. Demikian menurut penelitian Center on Aging di Medical University of South Carolina.


Selain menghindari penggunaan minyak goreng bekas, sebaiknya pilih pula minyak goreng yang sudah ditambahkan satu atau beberapa zat gizi mikro. Saat ini cukup banyak produsen minyak goreng yang menambahkan (fortifikasi) vitamin A dan atau zat lain dalam produknya. Dan, kebijakan fortifikasi ini sekarang menjadi agenda pemerintah untuk memberikan nilai lebih dari produk minyak goreng.


"Sekarang ini fortifikasi hanya dilakukan secara sukarela dan belum menjadi kewajiban," ucap Soekirman, ketua Koalisi Fortifikasi Indonesia (KFI).


(CSR.id)

Berita Terkait
Rumah Makan Sambal Acan Raja Banjar
Hari Kartini di Santika Medan
Cara Menghilangkan Lubang Bekas Jerawat Dengan Cepat
Awas! Asap Rokok Elektrik Berbahaya
Kuku Ibu Jari Kaki Cantengan? Ketahui Penyebabnya

Please login for commentKomentar
ThanksInfonya
sebenernya sih boleh pakai minyak bekas, tapi paling di gunakan 2 atau tiga kali setelahnya, & jangan di pakai secara terus menerus
IndomieTelor
Kan ga boleh dipake ulang di pakar ulang terus itu minyak, harus ada saatnya gantii loh kalo gak, jadi bahayaaa..
lily
harus hati-hati jangan suka jajan sembarangan karena tidak tahu minyak goreng yang digunakan baru atau bekas
ata
kalau saya biasayan ada sisa minyak saya simpan dan besoknya saya pake lagi, jadi itu berbahaya toh
rasarasa
mengunakan minyak berulang" kali memang sangat membahayakan bagi keseharan
rana
harus bener" diperhatikana tuh! jangan asal sembarangan pakai minyak goreng bekas jika gak ingin kena dampaknya
JawaLiar
yang penting kaga bikin mati aja deh kalau menurut gw mah, sebagai warga kurang mampu gw tau kalau lagi ngga ada rejeki mau gimana lagi coba
mongi
yang sering beli gorengan nih harus di kurangi karna sebagian besar pakai minyak bekas
AhhKaretKetring
nah bener banget tuh, makanya aku ga pernah makan pecel lele atau pecel ayam gitu, minyak nya kan kita ga tau, tapi dari rasa makanannya aja udah ketauan sangit sangit gimana gitu rasanya berarti itu minyaknya ga ganti ganti
Linda
tapi kebanyakan minyak bekas masih saja diperjual belikan dipasaran padahal berbahaya.
123