Derit Gondola di Pantai Timang Gunung Kidul

Kamis, 12 Januari 2017 9:48


(ist)

108jakarta.com - Liburan panjang memang kesempatan untuk mengeksplorasi tempat-tempat unik yang banyak muncul di media sosial. Lagi-lagi Yogya punya banyak tempat unik. 


Salah satunya adalah Wisata Gondola Pantai Timang Gunung Kidul.  Pantai ini merupakan bagian dari pantai yang tersebar di wilayah Gunungkidul. 


Pantai Timang memiliki pasir putih yang terhampar  di sepanjang pesisir. Sisi bagian Barat berupa perbukitan batu  yang cukup terjal yang berbatasan langsung dengan laut. Pada pantai berbatu ini menyajikan pemandangan  menakjubkan berupa  batu yang cukup besar berdiri kokoh di pinggir pantai. Batu besar atau pulau tersebut dikenal dengan nama Batu Panjang atau Pulau Panjang dan Pulau Timang.


Untuk mencapai Pulau Timang ini bisa menggunakan gondola tradisional atau kereta gantung yang terbuat dari kayu dan bambu yang dirangkai dengan tambang tali plastik yang sangat kuat.  Lalu ditarik oleh beberapa orang sehingga gondola  akan bergerak ke seberang. 


Untuk yang berani harga naik gondola ini sebesar Rp200.000 pulang pergi. Kalau hanya  berfoto saja tidak  menyebrang dikenakan biaya sebesar Rp50.000.  Gondola di Pantai Timang itu sendiri, sebenarnya sudah ada dari tahun 1997 yang digunakan untuk ke seberang mencari lobster. 


Gondola  ini  tradisional, terbuat dari kayu akasia,  awalnya hanya di topang dengan tiga tali tambang saja, namun untuk menjaga stabilitas transportasi gondola, jumlah tambang terus ditambah hingga kini menjadi  sembilan tambang. 

 
Jarak luncur dari gondola ini sekitar 100 meter ke seberang.  Pemandangannya demikian dahsyat karena di bawahnya 
terlihat ombak laut yang menggelora.


Ke tempat ini dari Yogyakarta dibutuhkan waktu sekitar tiga jam.  Jarak dari kota Wonosari sampai sampai Pulau Timang sekitar 35 kilometer.  Rutenya Wonosari ke arah Pantai Baron – Pertigaan Mulo – ke arah Pantai Siung – Pasar Dakbong – Pantai Timang. (suh)
 


Berita Terkait
Rumah Makan Sambal Acan Raja Banjar
Hari Kartini di Santika Medan
Cara Menghilangkan Lubang Bekas Jerawat Dengan Cepat
Awas! Asap Rokok Elektrik Berbahaya
Kuku Ibu Jari Kaki Cantengan? Ketahui Penyebabnya

Please login for commentKomentar
lily
wow sungguh unik pemandangan pantainya
ThanksInfonya
itukan gondola yg di pake buat nyari lobster kan yah
lawangnikuhinji
jauh ah lagian juga kalau liburan nggak bisa lama-lama ditempat kerja saya mah
suiyong
kayaknya seru tempat wisata dipantai timang dan gunung kidul,pemandangan laut bersih dan indah sekali.
IndomieTelor
pengen banget naik ini, ini deket rumah temen saya di jogja
ice
aman ga sih?? kayaknya serem banget dan terlalu ekstrim deh
Jawa
wahhhh mantap nih jadi pengin nyobain nih pake gondola
chacha
wisatanya menantang bahaya baget jadi serem
mongi
ekstrim nih perlu nyala yang tinggi
slenteng
cari lopster aja sampai mempertaruhkan nyawa
123