Citarasa Kopi Arabika dari Malabar

Kamis, 12 Januari 2017 8:43


(ist)

108jakarta.com - Maret 2016, Kopi Malabar dinyatakan menang dalam kompetisi kopi tingkat dunia. Selanjutnya kopi dari gunung Malabar banyak diburu masyarakat dan para penikmat kopi asli Indonesia. Kopi  Arabika dari Malabar ini  merupakan salah satu komoditas kebanggaan Indonesia.


Wilayah Malabar terletak di kecamatan Bandung Selatan provinsi Jawa Barat Indonesia. Gunung Malabar  Pangalengan Kabupaten Bandung memiliki ketinggian 1400 1800 m dpl, suhu udaranya sejuk dengan kisaran 15-21 Celcius. 


Petani kopi di sini sejak 2001 sepakat hanya menanam satu komoditas yaitu tanaman kopi. Setelah beralih ke tanaman kopi memang baru sebagian yang ikut, sebagian petani lagi tidak mau bergabung sebelum melihat manfaat yang diperoleh dari hasil tanaman kopi. 


Namun dalam perkembangannya kopi yang dihasilkan terus meningkat. Apalagi secara spesifik Kopi Malabar sangatlah unik. Mulai dari cara mengolah tanaman kopi hingga menyajikannya perlu mendapatkan perhatian khusus. 


Untuk mendapatkan kulitas kopi terbaik tidak bisa sembarangan memetik buah kopi. Buah kopi yang sudah bisa dipetik haruslah berwarna kemerahan, dan yang terpenting buah kopi yang dipetik tanpa harus mencabut tunasnya. Karena tangkai tunas kopi tersebut dapat menghasilkan buah lagi di tahun berikutnya.


Kopi Malabar berjenis kopi Arabika, ia memiliki karakteristik rasa kekentalan dan keasaman medium ke atas. Citarasa dominan cokelat dengan rasa akhir rempah, bahkan terkadang ada rasa sedikit manis.


Penanganan yang serius inilah akhirnya mampu menghasilkan kopi yang kualitasnya diakui dunia. 


Kalau penasaran ingin menikmati kopi Malabar, coba datang dengan kendaraan pribadi hanya memerlukan waktu sekitar dua jam dari Kota Bandung ke arah Bandung Selatan. (suh)
 


Berita Terkait
Rumah Makan Sambal Acan Raja Banjar
Hari Kartini di Santika Medan
Cara Menghilangkan Lubang Bekas Jerawat Dengan Cepat
Awas! Asap Rokok Elektrik Berbahaya
Kuku Ibu Jari Kaki Cantengan? Ketahui Penyebabnya

Please login for commentKomentar
lily
kayak seru banget bisa minum kopi dari malabar
ThanksInfonya
wah pasti enak banget itu rasa kopinya, mantap gila
lawangnikuhinji
lebih nikmatan juga kopi lampung
kliwon
cocok di sajikan pada saat musim hujan tuh kopi
suiyong
kalau kopi rasa pasti sama tergantung racikan bisa beda.
ice
rasanya apa sama dengan kopi2 lainnya?? jadi pengen nyoba
Jawa
wahhh mantap nih buat tidak bikin ngantukan juga
mama
Kopi Indonesia banyak jenisnya ya ,Malabar juga punya Arabika tuh
Linda
kopi pahit yg bikin hati semangat.
dedy
kopi yg pastinya sudah sangat terkenal di luar indonesia,@ bangga
123