BAB Nyeri dan Berdarah, Tanda Wasir atau Kanker Usus Besar?

Sabtu, 09 April 2016 1:20


Ilustrasi. (Foto: int)

108Jakarta.com - Buang air besar (BAB) yang terasa nyeri dan mengeluarkan darah mengindikasikan adanya masalah kesehatan. Ada dua kemungkinan penyakit, yakni wasir dan kanker usus besar.

dr Eko Priatno SpB-KBD daro RS Pondok Indah-Puri Indah mengatakan kanker usus besar dan wasir memang sama-sama memiliki gejala BAB nyeri dan berdarah. Untuk mengetahui diagnosis yang tepat, tentunya harus memeriksakan diri ke dokter.

"Jadi ada tekniknya, yaitu colok dubur. Dokter akan memeriksa dubur pasien dan menyentuh bagian anus untuk merasakan apakah ini tumor kanker atau wasir," tutur dr Eko, dalam temu media di Plaza Senayan, Jl Asia Afrika, Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (7/4/2016).

Dijelaskan dr Eko, diagnosis dengan melakukan colok dubur penting untuk mengetahui kondisi pasien. Dengan meraba bagian anus, akan ketahuan apa yang menyebabkan BAB berdarah dan rasa nyeri yang dirasakan pasien.

Ia mengatakan secara ringkas, karakteristik kondisi dubur pasien kanker usus besar dan wasir berbeda. Dengan colok dubur, bisa diketahui bagaimana 'benjolan' tersebut.

Jika kanker usus besar, maka benjolan akan keras dan diibaratkan seperti bakso. Sedangkan benjolan pada ambeien cenderung lebih empuk karena pada dasarnya wasir merupakan peningkatan pembuluh darah di daerah anus.

"Benjolan di anus akibat wasir biasanya lembek sementara tumor kanker itu keras," terangnya.

Namun ia mengingatkan agar masyarakat tidak melakukan pemeriksaan sendiri di rumah untuk mencari tahu apa penyebab BAB nyeri dan berdarah. Pemeriksaan colok dubur meski terkesan sederhana harus tetap dilakukan oleh dokter untuk menghindari terjadinya iritasi dan risiko lainnya.


(han)


Berita Terkait
Swiss-Belhotel Mangga Besar Tanam Hidroponik di Rooftop Hotel
Babakaran Ala Harper Purwakarta  Makan Sepuasnya
Chicken Wing Lezat dari Resto Hooters
Begini Efeknya Pada Otak Jika Terlalu Banyak Makan Makanan Asin
Aplikasi Whatsapp Business Resmi Diluncurkan di Indonesia

Please login for commentKomentar
Neko
berarti harus kedokter juga ujung-ujungnya, bayar lagi...
lapo
wasir atau kanker usus sama-sama bahayanya, segera cek ke dokterlah